Wawancara Syaikh Muqbil dengan Hassan al zayidi dari the Yemen Times


Friday, 15. August 2008, 19:51:22

diterjemahkan oleh:Agung Riksana
judul asli: Shaikh Muqbil bin haadi’ee interview with Hassan al Zayidi of the Yemen Times

Tanya (T): akhir2 ini ada klaim bahwa gerakan anda adalah gerakan radikal yang berhubungan dengan gerakan Islamic Jihad. Apa tanggapan anda?
Jawab (J): Setiap grup atau pergerakan bertanggung jawab terhadap basis atau aktifitasnya. Memang benar bahwa kita tampak serupa dalam tujuan dengan pergerakan yang anda sebutkan, karena kita bermaksud untuk beribadah kepada Alloh dan menyebarkan Islam ke seluruh dunia. Tetapi, kami mendengar bahwa Dr.Abdulkarim Al Iryani mendapat telpon, kemungkinan dari London yang mengatakan: “Negara anda memiliki gerakanIslam radikal di Saadah.” Kemudian dia berkata “ Apa yang kami miliki adalah pengajaran dari Shaikh mengenai konsep Islam dan Qur’an secara damai di Saadah dan tidak ada teroris, dan kelompok radikal.” Kami jauh dari kategori teroris. Kami menyeru kepada Qur’an dan Sunnah, dan tidak menyeru pada kekerasan dan intoleransi. Kami juga mengutuk kelompok-kelompok Islam yang yang menggunakan terorisme dan kekerasan sebagai tujuan mereka, bahkan dalam Negara non-muslim, karena menakuti penduduk dan orang2 yang tidak bersalah, dan semakin menjauhkan mereka dari konsep Islam yang benar, yang damai dan harmonis. Dibenarkan bagi Sunni untuk memerangi musuhnya, pada saat mereka merasa terancam oleh mereka secara militer atau serangan lain.

Bahkan, kami adalah salah satu yang memeragi terorisme, dan mengutuk aktifitas tersebut yang menggunakan nama Islam. Namun biasanya, mereka yang tidak mengenal kami dan al Qur’an, mengatakan hal yang tidak adil dan tidak benar tentang kami. Telah ada sekitar 100.000 murid yang belajar di institusi kami di Dammaj Saadah, mereka semua tahu betapa damainya Sunni karena, sunni menyeru kepada al Qur’an dan Sunnah Nabi shalallhu alihi wasallam. Namun, kami percaya, mereka yang tidak mengenal kami tidak akan berdampak apa apa, karena kami percaya dan yakin dengan apa yang kami lakukan, dan semua mengetahui siapa kami, bahkan politisi sekalipun..

T: Kami dengar anda memiliki murid dari berbagai Negara di dunia, terutama dari Negara barat. Dapatkah anda memberikan gambaran statistic tentang itu?
J: untuk siswa yang berasal dari Yaman, kami percaya akan menambah kredibilitas dan memberikan dorongan untuk menyebarkan Islam dengan cara yang benar. Kami memiliki murid dari Inggris, Amerika, Jerman, Prancis, dan Negara lainnya yang ingin mengetahui lebih banyak tentang Islam. Mereka datang dengan keinginan sendiri untuk menyadari tujuan agama, yang baru saja mereka pindah, atau hanya sedikit pengetahuan tentang Islam. Kami menyuguhi mereka dengan makanan yang biasa saja, tidak lebih mewah dibanding yang mereka biasa konsumsi. Mereka tidak ingin merasa nyaman dalam kemewahan. Mereka dahulu terbiasa dalam kemewahan. Mereka tinggalkan itu, dan berusaha untuk lebih mengenal agamanya yang lebih berharga, Islam. Saya berterima kasih untuk kesabaran mereka, dan usaha yang telah mereka lakukan, semoga Alloh memberkahi mereka. Mereka meninggalkan kemewahan dunia, dan berusaha untuk mengejar agama, untuk mengenal tuhannya, Alloh, dan agamanya, Islam, untuk mendapatkan ketenangan yang sangat berharga. Mereka telah memahami kebenaran esensi dari kehidupan. Mereka ingin mengetahui tentang untuk apa mereka hidup, dan kenapa mereka hidup. Ada apa setelah mati, apa itu kematian, suatu awal? Atau akhir? Mereka menginginkan ketenangan pikiran dan mengetahui bahwa hidup mereka adalah ujian daya tahan kekuatan dan keimanan. Pada saat datang kepada kami siswa-siwa ini mencari hal yang lebih berharga dibanding yang orang bisa bayangkan. Mereka mencari kebenaran.

T: Laporan mengatakan bahwa anda melatih pertempuran militer dan kadang mengirim mereka ke Chechnya, Afghanistan, dan Khasmir untuk Jihad, seberapa benar hal ini?
J: Saya sekali lagi menekankan bahwa ini adalah rumor yang tersebar untuk merusak imej kami. Saya telah mengatakannya, dan mengatakannya lagi. Aktifitas kami murni untuk mengajarkan konsep al Qur’an dan Sunnah.. Kami tidak terlibat dalam aktifitas jihad apapun didunia, dan kami menantang siapapun yang bertentangan dengan ini. Kami tidak memiliki waktu dan fasilitas untuk jihad, siapapun yang tinggal bersama kita selama tiga hari hanya akan melihat kedamaian, dan perbedaan kami dengan pergerakan lain. Kami yakin bahwa orang yang keras kepala sangat sulit untuk diyakinkan. Rumor ini berasal dari orang yang keras kepala yang tidak menyadari apa yang mereka katakan. Saya mengundang mereka untuk datang dan menghadiri satu dari sesi kami, dan melihat apa yang kami lakukan. Kami tidak peduli lagi dengan apa yang mereka katakan, karena mereka telah menjadi pembohong.

T: saya ulang kembali pertanyaan saya tentang jumlah siswa asing dan asal Negara mereka.
J: sejujurnya, saya tidak mengetahui mengenai jumlah, yang bertanggung jawab dan berkaitan dengan pengajaran mereka adalah Mr.Ahmed Al Wasabi ( Yakni Syaikh Ahmad Al-Wushobi. Moderator) , yang mengetahui masalah itu. Saya pribadi memberikan tiga pelajaran setiap hari. Saya peduli dengan siswa asing, karena saya mengerti bahwa mereka jauh dari rumah. Oleh karena itu saya mencoba untuk lebih dekat, dan membuat mereka lupa akan rindu kampung halaman, dengan berinteraksi dengan mereka secara intens, mengajari mereka yang tidak mengerti ungkapan2 dan kata2 yang berguna dalam bahasa arab. Saya berkonsentrasi untuk supaya mereka merasa mereka ada di keluarga mereka sendiri dan mereka merasa mereka semua adalah saudara.

T:Berkaitan dengan terbunuhnya siswa London, (….) apa yang terjadi? Dan apakah siswa anda biasanya membawa senjata dan diajarkan untuk menggunakannya?
J:Pertama tama, kami tidak memiliki tempat pelatihan, dan tidak melatih mereka untuk menggunakan senjata, dll. Kami hanya berurusan dengan pengajaran kepada mereka tentang Islam, al Qur’an dan Sunnah. Meskipun tidak dilarang untuk kami untuk menggunakan dan membeli senjata (Negara Yaman termasuk negara yang membebaskan penduduknya memiliki senjata api. Moderator), kami tidak memiliki sumber dana untuk lebih dari memberikan jamuan makanan untuk mereka, bagaimana kami terpikir untuk membeli senjata dan melatih mereka? Ini menggelikan, namun beberapa siswa mendapatkan senjata dan pistol atas dasar pribadi, dan kami melarang penggunaannya di kampus, terkecuali untuk beberapa orang yang terpercaya, dan menggunakannya untuk kepentingan keamanan saja.orang yang menyebar rumor tentang kecelakaan yang bukan merupakan kecelakaan adalah orang yang sama yang ingin merusak imej dimata dunia. Kami beraktifitas secara damai yang menyebarkan konsep Islam dengan dengan damai kepada siswa2 dari seluruh dunia. Kami menawarkan yang lebih berharga dari sekedar, pistol, senjata, bahkan tank.

Kami menawarkan pengajaran keislaman, fikih dan wawasan mengenai kehidupan Nabi dan tindakannya sehingga kita dapat mengikuti langkahnya. Anada dapat bertanya kepada siapa saja yang merupakan siswa kami apakah mereka memilih mengetahui tentang al Qur’an atau senjata yang mahal, dia akan pasti memilih wawasan al Qur’an. Mengapa? Karena mereka memiliki keimanan yang kuat, yang membuat mereka kuat dalam pemikiran mereka dan tindakannya, dibandingkan orang normal yang serakah. Sebelum berprasangka pada mereka yang belajar disini, saya ingin siapapun yang merasa ragu dating kepada mereka sebagai orang yang ingin tahu, tidak sebagai mata-mata atau jurnalis, tapi sebagai orang ingin tahu apa yang terjadi. Dia akan terkejut betapa berimannya yang berpegangan tangan seperti saudara, sebagian bahkan lebih baik dari saya dalam keimanan mereka. Mereka tetap beribadah dalam malam yang panjang, mereka kadang menderita kelaparan, tapi mereka bertahan , karena mereka memiliki iman yang kuat, yang membuat mereka bias bertahan dari kesulitan hidup. Mereka telah berpindah dari kemewahan hidup di tanah asalnya dimana mereka tidak yakin untuk apa mereka hidup, menuju kesederhanaan dengan keimanan dan keyakinan yang kuat, wawasan yang dalam bahwa terdapat kehidupan setelah kematian, surge dan neraka. Mereka menjadi lebih dekat kepada tuhan, dan Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam. Aplagi yang mereka cari? Inilah yang membawa ketenangan dan kebahagiaan yang sesungguhnya. Ini adalah tanggung jawab kita, kita semua harus mendorong mereka dan mendukung mereka di saat yang sulit.
Pemerintah mengetahui, seperti kami juga mengetahui, bahwa ini adalah pergerakan yang damai. Presiden Ali Abdullah Saleh sendiri mengetahui banyak orang di Dammaj yang tahu institusi kami dan kegiatannya. Jika kami teroris, maka kami sudah sejak lama dihentikan, tapi kan kenyataanya tidak.

T: sekali lagi apa yang sebenarnya terjadi pada (….) orang inggris yang akhir2 ini dibunuh?
J: saya sedang berada di Saana, pada saat ini terjadi. Saya menerima telpon dari (Syaikh) Ahmad Al Wasabi tentang terbunuhnya (….). kemudian saya menerima kakak(….) yang datang ke Saana dan menjelaskan apa yang terjadi. Yang saya pahami, mereka membersihkan atau bermain pistol yang saat itu salah seorangnya mengambilnya dan keluarlah peluru kearah dada nya (….) yang menyebabkan kematiannya. Saya berdoa kepada Alloh untuk diampuni jiwanya dan memasukannya kedalam surge. kecelkaan ini adalah yang pertama terjadi di Yaman. Dan senjata sekali lagi terlarang untuk siswa yang belum memiliki kualifikasi.

Namun, agen berita memanfaatkan momen ini untuk merusak imej gerakan damai kami dan menekan pemerintah untuk menentang kami. Kematian ini adalah murni kecelakaan, karena tidak ada kebencian diantara siswa. Sayangnya Koran di UEA dan beberapa Koran di Yaman, membuat laporan yang palsu berkaitan dengan kejadian di institusi kami ini. Ini merupakan peristiwa yang membuat kami merasa diperlakukan tidak adil, karena mereka hanya membuat rumor dari sana sini. Mengapa mereka tidak bertanya kepada keamanan provinsi saadah tentang insiden ini? Mengapa mereka tidak datang ke Damaj, tempat asal kejadian, dan bertanya kepada siswa sebagai saksi tentang apa yang terjadi, daripada hanya membuat sesuatu yang tidak akurat? Kami sangat kecewa dan marah dengan kebohongan dan rumor yang disebarkan para jurnalis ini.

T:Bagaimana sikap anda kepada dunia barat? Apakah anda menyakini keharusan melakukan perang suci islam terhadap dunia barat?
J:kami tidak memperhatikan dunia barat. Kami memfokuskan diri pada Negara kami, dan berkonsentrasi untuk mendapatkan wawasan dan ilmu tentang agama, tanpa terlalu memperhatikan apa yang akan menghambat kami. Dunia barat telah maju dalam bidang industry dan kedokteran dan juga ilmu2 lainnya bukan karena mereka meninggalkan agamanya , namun karena mereka lebih memfokuskan diri kepada ilmu dunia, yang sebetulnya Islam juga menuntut untuk seperti itu. Disisi lain kita tidak dapat bertarung dengan musuh-musuh islam jika kita tidak memiliki kekuatan internal dalam agama dan kemampuan fisik.orang barat tidak memiliki kesamaan keyankinan dalam agama mereka, Kristen.beberapa dari mereka percaya tuhan mereka yesus berasal dari yang tiga, yang lain percaya yesus adalah tuhan tertinggi dll.mereka mungkin dapat lebih tahu tentang fisika, matematika, dan kedokteran, tetapi mereka tidak begitu paham banyak tentang agama mereka. Ini adalah sebab yang membuat jutaan orang Kristen pindah agama menjadi Islam, yang jelas dan memiliki konsep yang spesifik, yang umum untuk semua gerakan Islam.

T: Bagaimana anda mengevaluasi gerakan salafy di Yaman?
J:masa lalu dari salafy adalah masa yang penuh sukses. Namun demikian saya yakin, dengan berkah Alloh, akan terus sejahtera. 10 tahun yang lalu , pertumbuhannya sangat cepat, karena melebihi batas Negara Yaman, dan reputasinya meningkat di eropa dan yang lainnya. Namun kami menghadapi kesulitan dan beberapa kekerasan oleh beberapa pejabat pemerintah yang mencoba untuk mengambil alih masjid dengan kekuatan. Kami menyeru kepada semua muslim untuk kembali kepada cara hidup nabi shalallahu alaihi wasallam. Cerita kehidupan beliau selalu menjadi inspirasi untuk semua muslim dimanapun . pergerakan kami menyeru pada al Qur’an yang suci dan sunnah. Saya tidak ingin orang-orang mengikuti saya karena saya tidak melihat saya cocok sebagai idola. Kami menyeru untuk menggunakan Nabi sebagai contoh, sebagai oranga yang kita harus belajar dari kehidupannya, tindakannya, dan kepatuhannya kepada Alloh.

T:Bagaimana anda melihat demokrasi , politik yang pluralis, dan system yang berorientasi partai, dan juga kebebasan pers dan ekspresi?
J:kami melihat kepada alat ini sebagai tidak lebih dari pendekatan bujukan kepada kaum muslimin dari USA untuk kebangkitan mereka (USA). Alloh dalam ayat al Quran menyebutkan bahwa Negara Islam harus menjaga solidaritasnya dalam tali agama alloh. Saya yakin bahwa system tersebut lebih baik dari pada satu pikiran dalam Islam. Sekarang kita dapat lihat bagaimana partai politik memperjuangkan kepentingan mereka diatas kepentingan Negara . kami bersedia bekerjasama dengan semua sector di Yaman demi kepentingan Negara, namun kami melakukan itu atas nama Islam, tidak atas nama propaganda demokrasi, dll. Dalam Islam tidak ada hal seperti penghargaan sudut pandang pribadi kalau itu bertentangan dengan aturan Islam , seperti contoh jika seseorang berpendapat bila minum minum harus dibolehkan, ini tidak boleh di ambil sebagai pertimbangan untuk membuat aturan dan bimbingan. Ini adalah langkah pertama untuk melemahkan Islam, dan sebagai mimpi buruk yang harus dihentikan sebelum menjadi kenyataan . system kita haruslah Islam, dan itu memiliki semua aturan untuk mengatur hidup kita dalam cara terbaik.

T: apa hubungan anda dengan penguasa apakah anda mendapat tekanan dari pribadi atau secara umum?
J:penguasa tidak serta merta terpengaruhi secara negative oleh kami.kami selalu mengingatkan untuk tidak melakukan kekerasan dan pembunuhan orang-orang yang tidak bersalah. Kami juga memperingatkan mereka dari ketidakpatuhan pada penguasanya karena ini akan menyebabkan kekacauan dan menghambat kehidupan. Saya tidak katakana ini dalam konteks memihak negara, tapi karena agama kita memerintahkan untuk mematuhi pemerintah selama mereka tidak keluar dari konteks Islam. Selain itu, kami kelompok damai yang tidak mengganggu siapapun dan tidak intervensi urusan Negara maupun grup bisnis. Pada saat kami merasakan tekanan , kami berusaha untuk kuat, dan berusaha bersabar, sampai masa sulit berakhir. Kadang kami memperoleh tekanan dari individu di pemerintahan yang memiliki kewenangan dan memagari mesjid kami dengan lusinan tentara. Tapi kami tidak merespon. Kami tetap bersabar dan meneruskan misi kami , jika kami dikeluarkan dari mesjid kami akan tetap meneruskan sesi kami meskipun di jalan ditengah terik matahari. Ini sendiri merupakan bukti kekuatan keimanan dan tentunya kami pasti mendapat ganjaran dari Alloh.

T: apakah anda mendapatkan kekerasan dari gerakan suku atau agama?
J:kami menerima kekerasan dari gerakan agama dan gerakan politik, tapi kami tidak pernah peduli dan memberikan perhatian . kami tetap bersabar, dan melanjutkan untuk yakin dengan apa yang kita lakukan. Kami anggap ini grup muslim dan tidak menuduh kafir. Bagaimanapun kami berharap mereka bertindak sama. Semua muslim dilindungi. Kehidupannya, kepemilikannya semuanya harus dilindungi , kami tidak pernah mencoba untuk menyakiti apapun agamanya , latar belakang politiknya, latar belakang sukunya . kami memiliki keinginan yang cukup dan kekuatan untuk bertahan dari gangguan2 ini dengan kesabaran dan keimanan. Dan kami yakin bahwa kami adalah pemenang sesungguhnya dari berkah dan ampunan Alloh.

dari: salafipublication.com
(Muqbil.co.uk)

Sumber : milis artikel_salafy @ yahoogroups.com dengan sedikit tambahan dari moderator Blog
Sumber :
http://my.opera.com/infodammaj/blog/show.dml/2467146

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: