Tip’s Menghadapi Rekan Kerja “SULIT”


Dalam suatu pekerjaan/kegiatan apakah anda memiliki teman kerja dengan katakter/tipe seperti dibawah ini ?

1. Terlalu penuntut (demanding people)

2. Tidak jujur/pembohong (dishonest people)

3. Sulit diajak sepakat/pembangkang atawa pengkhianat (disagreeable people)

4. Keras kepala/menutup diri (defensive people)

Rekan kerja yang demikian dapat digolongkan sebagai rekan kerja yang “sulit”. Bahkan, pada taraf tertentu bisa membuat kita menjadi stress dan putus asa sendiri dalam bekerjasama dengan mereka. Lalu, bagaimana menghadapinya ?

Berikut ini simak 5 tips yang langsung dapat kita praktekkan :

1. Sadarilah bahwa kita tidak akan sanggup menyenangkan “semua orang” Ini adalah prinsip utama yang harus selalu diingat. Kita tidak mungkin dapat menyenangkan semua orang apabila anda sudah berusaha berlaku “semanis mingkin“ tetapi tetap saja ada yang tidak berkenan, biarkanlah. Terimalah ini sebagai “warna kehidupan”.

2. Jangan balas menyerang Apabila ada yang “menyerang” anda, jangan ditanggapi. Salah satu cirri kedewasaan adalah pengontrolan diri. Orang yang tidak dewasa sangat mudah tersinggung. Orang yang cerdas tidak akan mau menaggapinya.

3. Jangan terpancing untuk berdebat Jangan terbawa esmosi (e, sorry emosi) untuk beradu argumentasi dengan mereka. Sadarilah bahwa ada beberapa jenis orang yang suka mengajak berdebat. Itu cara mereka untuk menatik perhatian. Kalau anda terpancing, berarti anda masuk ke dalam perangkap mereka.

4. Kalau terjadi perselisihan, selesaikan segera mungkin Perselisihan jangan dibiarkan berlanjut. Selesaikan dengan cepat. Jangan dibiarkan menggantung.

5. Tanggapi dengan kasih saying Ini prinsip yang terakhir dan sulit. Sangat mudah untuk menyayangi orang yang dapat bergaul baik dengan kita. Sebaliknya sulit menyayangi orang yang tidak menyenangkan. Tetapi dengan mencobanya, berarti kita telah belajar memasuki “tingkatan hidup” yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: